Puasa Ramadan Bukan Hanya Ibadah, Tapi Juga Turun Berat Badan dan Jaga Kesehatan Tubuh!

Meski tidak mengonsumsi makanan dan minuman selama beberapa jam, puasa justru bisa membawa berbagai manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat puasa bagi kesehatan adalah dapat mengurangi risiko diabetes dan menurunkan berat badan. Namun, apakah manfaat puasa Ramadan hanya sebatas itu? Mari simak artikel berikut hingga tuntas untuk mengetahui beragam manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Jika dilakukan dengan benar, puasa ternyata menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Bahkan, tidak hanya secara fisik, puasa juga dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan mental. Berikut adalah berbagai manfaat puasa bagi kesehatan.

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa bagi kesehatan yang pertama adalah menurunkan berat badan. Pasalnya, puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak juga ikut meningkat. Hal ini akan memicu terjadinya penurunan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Seseorang yang berpuasa selama satu bulan penuh diketahui memiliki risiko penyakit jantung, kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan orang yang tidak berpuasa. Pasalnya, puasa membuat seseorang bisa mengatur pola makannya menjadi lebih sehat.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Beberapa orang keliru menganggap bahwa puasa dapat menurunkan metabolisme. Justru, salah satu manfaat puasa adalah membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini dikarenakan tubuh tetap mendapatkan asupan makanan saat sahur dan berbuka.

4. Mengendalikan Nafsu Makan

Salah satu tujuan puasa adalah mengendalikan nafsu makan kembali normal. Pada penderita obesitas, tubuh kesulitan untuk mengatur hormon pemicu rasa lapar. Akibatnya, penderita obesitas cenderung untuk makan secara berlebihan.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Berikutnya, manfaat puasa untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan adalah pengaruhnya terhadap kesehatan otak. Puasa diketahui dapat mendorong produksi protein yang mendukung pembentukan dan perkembangan saraf.

6. Mengaktifkan Detoksifikasi

Manfaat puasa bagi kesehatan juga dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas atau detoksifikasi. Detoksifikasi merupakan proses tubuh dalam memperoleh gizi yang tepat dengan memberikan kesempatan untuk membuang zat-zat beracun dalam tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Jerawat

Manfaat puasa bagi kesehatan juga meliputi kesehatan kulit, seperti mencegah timbulnya jerawat. Pasalnya, puasa dapat mempercepat proses regenerasi kulit karena tubuh tidak harus bekerja keras menjalankan fungsi sistem pencernaan.

8. Mengurangi Risiko Diabetes

Ketika berpuasa, kadar gula darah cenderung menurun karena tubuh menggunakan cadangan gula sebagai energi. Puasa diketahui dapat mengendalikan gula darah pada orang non-diabetik dengan mengurangi resistensi insulin.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Beberapa manfaat puasa bagi mental adalah mengatasi stres lebih baik, meningkatkan suasana hati, serta lebih mudah beradaptasi dengan perubahan. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa, jumlah hormon kortisol yang diproduksi kelenjar adrenal lebih stabil sehingga bisa mengurangi stres.

Berbagai manfaat puasa di atas tentunya dapat diperoleh apabila tubuh dalam keadaan prima. Namun, jika ternyata pada saat puasa Anda mengalami masalah kesehatan, seperti dehidrasi atau asam lambung naik, segera lakukan konsultasi dengan Dokter Umum terdekat.

Dengan memperhatikan manfaat-manfaat tersebut, puasa Ramadan tidak hanya menjadi kewajiban ibadah bagi umat muslim, tetapi juga merupakan kesempatan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.