Wed. May 18th, 2022

Makassar, salah satu kota tersibuk di bagian Indonesia Timur ini ternyata menyimpan segudang potensi wisata yang tak kalah dari kota-kota terkenal lainnya. Warisan budaya yang masih dijaga hingga kini, serta kekayaan kuliner, membuat Anda tak mungkin kehabisan ide untuk membawa oleh-oleh khas Makassar pulang ke rumah.

Oleh-oleh biasanya akan didominasi dengan makanan khas serta hasil kebudayaan yang ada di suatu daerah. Tentu saja, jika melihat Makassar, hal ini jadi tak sulit ditemukan, sebab keduanya masih dijaga dengan baik, dan bahkan terus dikembangkan.

Berikut deretan oleh-oleh khas Makassar yang bisa Anda jadikan referensi, jika kondisi sudah memungkinkan dan Anda bisa berkunjung ke sana nanti.

Kain Tenun dan Kain Sutra

Kedua jenis kain ini merupakan salah satu hasil budaya masyarakat adat di Makassar yang bisa jadi oleh-oleh bernilai tinggi. Keduanya memiliki nilai seni yang begitu kental, sehingga ketika digunakan akan terasa sangat eksklusif dan mewah.

Setelah dengan kain tenun atau kain sutra khas Makassar ini bisa membuat penampilan Anda sangat eksklusif, dan cocok sekali dikenakan pada acara formal. Tak jarang, kain ini dibeli untuk dijadikan bahan baku kombinasi dengan berbagai busana resmi.

Busana formal dengan sentuhan etnik benar-benar akan mengangkat citra Anda. Jadi, jangan ragu mencobanya ya!

Pernah Dengar Songkok Nibiring Bulaeng?

Merupakan salah satu produk budaya yang terkenal hingga keluar daerah, Makassar memiliki Songkok Nibiring Bulaeng. Karya ini berupa peci anyaman dengan bahan benang emas, sehingga dapat memberikan kesan berkilau yang indah.

Pada keyakinan masyarakat asli Makassar, Songkok Nibiring Bulaeng sendiri hanya boleh dikenakan oleh keturunan bangsawan, sehingga tak sembarang orang bisa memakainya. Namun sebagai oleh-oleh, Anda bisa membeli peci otentik ini untuk dipajang atau koleksi di rumah.

Tak mahal, untuk sebuah karya indah, harganya dipatok mulai dengan Rp.200.000 saja. Cukup murah bukan untuk ukuran oleh-oleh eksklusif seperti ini?

Miniatur Rumah Toraja, Oleh-Oleh Khas Makassar yang Unik

Setiap daerah selalu memiliki ciri khasnya masing-masing untuk urusan oleh-oleh. Oleh-oleh khas Makassar yang satu ini, miniatur rumah Toraja, adalah salah satu yang bisa dikatakan paling unik. Di mana lagi Anda bisa menemukan miniatur rumah khas jika tidak di daerah asalnya?

Rumah adat Toraja, atau disebut dengan nama Rumah Tokongan, adalah salah satu kebanggaan warga Sulawesi Selatan yang telah ada sejak berabad-abad lalu. Rumah ini kemudian terus diturunkan ke generasi berikutnya, dan hingga sekarang masih cukup banyak rumah asli yang berusia ratusan tahun.

Miniatur ini bisa didapatkan di banyak tempat di kota Makassar, mengingat benda ini sudah jadi oleh-oleh khas Makassar yang ikonik. Anda bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp.75.000 saja.

Untuk Makanan, Mari Mulai dengan Otak-Otak Ikan Tenggiri

Makassar bukan hanya menawarkan oleh-oleh khas berupa hasil kebudayaan kerajinan tangan saja, namun juga beragam kuliner lezat. Otak-otak tenggiri jadi salah satu buah tangan khas Makassar yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung di sana.

Kini dengan teknologi pengemasan vakum, Anda bisa membawa otak-otak untuk perjalanan yang jauh dan bertahan cukup lama. Nantinya ketika sampai, Anda tinggal mengukusnya saja sebelum siap disantap. Akan jadi camilan yang praktis dan lezat lho!

Harga makanan lezat ini cukup terjangkau, mulai dari Rp.20.000 saja setiap porsinya. Untuk ukuran lebih besar, Anda bisa menanyakan pada penjualnya. Jangan lupa juga tayangan kapan masa kadaluarsa yang dimiliki otak-otak yang Anda beli.

Tidak Mungkin Melewatkan Kopi Toraja, Iya ‘kan?

Satu hal yang tak mungkin dilewatkan ketika berkunjung ke Makassar, adalah oleh-oleh kopi toraja. Pamornya sudah demikian besar, hingga bahkan turis mancanegara juga pasti mengincar oleh-oleh khas yang satu ini.

Dengan rasa otentik dan sensasi unik yang diberikan pada setiap sesapan, kopi toraja sukses menjadi tuan rumah di Makassar dan melebarkan pasarnya hingga ke luar daerah. Bahkan Anda tak akan asing melihat menu kopi ini di kafe-kafe ibu kota sekalipun, karena memang rasanya demikian otentik.

Untuk kopi toraja dengan kualitas standar, biasanya bisa didapatkan seharga Rp.40.000 per kemasannya. Semakin tinggi kualitasnya, maka semakin tinggi pula harganya.

Sebenarnya urusan oleh-oleh khas kota Makassar sendiri masih cukup banyak yang belum dibahas, seperti misalnya Sirup DHT yang legendaris, atau sirup markisa asli Makassar, kacang disko, hingga minyak tawon. Namun setidaknya beberapa oleh-oleh yang ada di daftar di atas bisa jadi gambaran umum.

Tentu saja, rencana liburan ke Makassar sudah bisa disusun sejak sekarang, mengingat kurva penularan virus saat ini sudah cukup landai. Untuk menyiapkan itinerary Anda, Indonesia Travel bisa jadi andalan. Dengan informasi yang lengkap dan menarik, dijamin rencana perjalanan Anda akan jadi salah satu yang paling sempurna! Kunjungi situs resminya, dan dapatkan informasi berguna di sana!

By Bianca