Harga Domba Texel Fullblood Terbaru dan Super Update Tahun Ini

Berapa harga domba Texel dari semua ras tahun ini? Nama domba ini diambil dari tempat asalnya, Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Daging domba texel dikenal sebagai daging unggul di seluruh dunia, karena dagingnya yang sangat ramping.
Domba Texel memiliki tubuh yang besar dan otot yang sangat kuat. Mereka juga memiliki bulu berwarna putih keabu-abuan. Domba-domba ini ditemukan hampir di semua tempat di dunia. Indonesia mempunyai banyak penggarap.
Berbicara mengenai bulu pada domba, sekilas terlihat hampir mirip dengan domba Merino. Wol inilah yang membedakan Texel dengan Merino. Domba Texel memang memiliki bulu di tubuhnya. Namun hanya terdapat di bagian punggung, tidak termasuk kaki dan wajah.
Berbeda dengan Merino, domba ini memiliki bulu yang panjang dan tebal di seluruh anggota tubuhnya. Domba Merino memiliki bulu di wajah dan kakinya, menjadikan mereka produsen kain wol paling produktif di dunia.
Lalu berapa harga domba Texel fullblood, super atau cross saat ini? Sebelum membahas harganya, berikut informasi mengenai sejarah Texel menjadi daging domba potong yang cukup populer di Indonesia.
Sejarah dan Harga Domba Texel di Indonesia
Domba Texel diekspor ke lebih dari 35 negara di seluruh dunia pada abad ke-18, termasuk benua seperti Eropa, Amerika, dan Oseania. Negara-negara ini mengalami peningkatan populasi kawanan ternak Texel. Domba Texel terkenal dengan kemampuan beradaptasi dan daya tahannya yang sangat baik.
Texel, sebuah perusahaan Belanda, masuk ke Indonesia pada pertengahan abad ke-20, sekitar tahun 1970. Awal perkembangannya berpusat di Jawa Barat dan kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.
Potensi domba Texel sangat baik, selain dagingnya yang minim lemak, bulunya juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tekstil. Produksi wool Texel masih belum sebanding dengan Merino sehingga berdampak besar terhadap perekonomian suatu negara.
Afrika, Belanda dan Australia hingga saat ini menjadi pusat peternakan domba Texel. Oleh karena itu, Texel Indonesia adalah yang terbesar di antara negara-negara tersebut. Harga Texel ditentukan oleh kualitas, ras atau keturunannya.
Texel cross super harga mulai 1,75 juta dengan betina umur 6-7 bulan. Sedangkan laki-laki dengan umur dan jenis yang sama harganya sekitar 2 jutaan.
Jangan tertipu, Texel masih merupakan investasi yang bagus. Golongan darah lengkap untuk pria dewasa bisa menghabiskan biaya hingga 60 juta dolar.
Double Diamond adalah domba yang memegang rekor Texel termahal. Dia adalah Texel Fullblood yang dijual di Skotlandia pada lelang seharga $490.000. Itu sekitar 7,2 miliar rupiah.

Karakteristik & Ciri-Ciri Domba Texel Di Indonesia

Harga domba texel cukup terjangkau (untuk supercross) di Indonesia. Oleh karena itu mereka sangat populer di kalangan peternak. Sedangkan untuk domba texel fullblood berpengaruh besar terhadap kualitasnya.
Ada baiknya mempelajari ciri-ciri dan ciri-ciri domba texel agar dapat mengenalnya lebih jauh. Berikut beberapa ciri umumnya.
Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

Domba texel
mempunyai bentuk fisik yang khas. Secara fisik domba texel berbeda dengan domba penghasil wool, karena ukuran domba texel lebih besar. Domba texel memiliki beberapa ciri lain yang melekat pada tubuhnya.
 
1. Badan berotot besar/besar
Ciri yang paling terlihat adalah tubuhnya yang besar dan berotot. Alasan ini pula yang menjadikan Texel sebagai salah satu domba terbaik di dunia. Texel unggul tidak hanya dalam memproduksi daging, tetapi juga wol. Texel memiliki tubuh yang berotot sehingga dagingnya tidak terlalu menggemukkan.
2. Wajah domba Texel putih
Selanjutnya tampak depan domba texel mempunyai muka yang berwarna putih bersih. Pada bagian muka domba ini umumnya tidak terdapat bulu yang panjang. Hanya rambutnya yang pendek saja yang membuat bentuk kepala Texel semakin terlihat jelas.
3. Tidak Ada Rambut di Kaki dan Kepala
Texel tidak memiliki bulu di kakinya, kecuali kepalanya. Sehingga tampilan dari domba ini ‘lebih keren’ dibandingkan domba atau kambing pada umumnya. Kehadiran bulu hanya di bagian tubuh dan ekor saja yang justru membuat penampilannya semakin besar dan besar sekali.
Texel dewasa dapat memiliki berat hingga 160 kg. Domba Texel juga merupakan raksasa daging. Kambing Boer merupakan kambing raksasa daging.
4. Telinga Pendek ke Atas
Ciri fisik domba ini selanjutnya terletak pada bentuk telinganya. Baik Texel murah atau mahal, telinganya akan sama: pendek dan atas. Telinganya seperti menghadap ke depan
Posisi n hampir horizontal.
5. Hidung dan Kuku Domba Texel Berwarna Hitam
Perhatikan hidung domba Texel dan kukunya jika bisa. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap.
Domba Texel Indonesia
Lalu dari sifat domba yang jinak, merpati, tidak periseperti kambing aduan. Domba betina Texel bahkan lebih jinak karena ramah dan mudah bergaul dengan manusia. Sedangkan untuk domba Texel jantan cenderung sedikit lebih agresif. Berikut ini gambaran kepribadian Texel.
1. Meski badannya besar, namun mudah untuk digerakkan
Walaupun mempunyai badan yang besar, ditambah lagi dengan bulu di badannya yang menjadikannya lebih besar. Domba texel masih bisa bergerak dengan mudah. Struktur genetik Texel sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan daging berkualitas tinggi di setiap bagian tubuhnya.
2. Reproduksi atau mudah diperbanyak
Kabar gembira bagi para peternak, domba Texel bebas domba yang tentunya meningkatkan produktivitas di peternakan. Anda dapat membeli domba betina bunting dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com
3. Laju pertumbuhan domba broiler lokal jauh melebihi rata-rata nasional
Texel tumbuh sangat cepat, seperti semua domba potong. Persediaan makanan harus cukup untuk makanan sehari-hari. Berdasarkan penelitian, pertambahan berat badan Texel fullblood dewasa per hari berkisar antara 300 gram hingga 600 gram.
4. Perawatan mudah, daya tahan tubuh tinggi dan adaptasi mudah
Domba texel juga mudah dirawat. Sebab, di kampung halamannya, Pulau Texel, domba ini telah belajar beradaptasi dalam berbagai kondisi ekstrem. Daya tahan tubuh yang tinggi terhadap penyakit, kemampuan beradaptasi, dan pengobatan yang sangat baik merupakan faktor-faktornya.
5. Dimungkinkan untuk menjadi ramah sekaligus menjadi hewan peliharaan
Jika Anda suka menjadikan domba atau kambing sebagai teman bermain Anda, maka Texel adalah pilihan yang tepat. Kambing Kerdil berukuran kecil dan lucu karena digunakan sebagai hiasan. Texel merupakan seekor kambing berukuran raksasa yang lucu dan menggemaskan.
Hubungi kami untuk penawaran harga domba Texel dan jenis domba lainnya baik fullblood maupun campuran di Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Informasi kontak dan informasi dapat Anda temukan di website gibasbarokah.com atau media sosial kami dengan nama yang sama.
GB Farm menawarkan berbagai layanan modern. Mulai dari jenis domba (Dorper, Awassi, Garut, Merino, Suffolk, dan Texel). Juga jenis kambing seperti Boer, Anglo Nubians, Alps Saanen Pygmy Pygmy Pygmy dan kambing kurban. Juga berbagai macam peralatan untuk menunjang peternakan dan hasil olahannya.
Berikut beberapa jenis dan harga domba Texel berdasarkan kondisi masing-masing.
1. Domba Texel
GB Farm menjual domba betina Texel mulai harga 1,5 juta. Harga tersebut merupakan yang termurah di pasaran Indonesia. Produk ini sangat cocok bagi para peternak yang tertarik beternak atau membudidayakan domba broiler kelas dunia.
Ada dua usia yang berbeda, 6-7 dan 8-10. Domba Texel betina ini merupakan hasil kawin silang dengan domba daging super yang kualitasnya terjamin. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).
2. Domba Texel Betina Hamil
Pilihan selanjutnya adalah Texel yang hamil (dengan domba), atau Texel yang hamil (dengan Domba Dorper darah penuh). Texel Hamil mulai 3.000.000. Mulai dari 5 jutaan untuk Dorper fullblood yang sedang hamil.
Domba texel bunting harus memenuhi kriteria: berat badan maksimal 50kg, vaksinasi FMD 2x, indukan laktasi 1-3 kali, dan sehat 100%. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).
3. Domba Texel Persilangan
Domba texel adalah jenis yang langka. Hubungi gibasbarokah.com untuk memastikan ketersediaan stok. Harga domba dewasa persilangan Texel berkisar antara 3 hingga 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).
4. Domba Texel Fullblood Asli
Produk Texel terbaik 100% fullblood. Meski begitu, harga Texelnya berkisar 50 jutaan, baik untuk pria maupun wanita. Semua kelebihan bawaan domba Texel terletak di dalam tubuhnya. Impor langsung dari peternakan di Afrika, oleh karena itu Anda perlu memesan terlebih dahulu.
Kami selalu dengan senang hati memberikan Anda konsultasi gratis dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Demikianlah informasi lengkap mengenai Ciri-ciri, Ciri-ciri, Sejarah, Cara Perawatan, dan Harga Domba Texel di Indonesia Tahun Ini.
#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting